Mengapa manusia diciptakan dari elemen tanah?

Kita sebagai makhluk hidup yang dapat berpikir tentu sudah tahu bahwa adanya kita, makhluk hidup lainnya, dan alam jagat raya ini sebab ada yang menciptakan yaitu tuhan yang maha kuasa yang sering disebut namanya dengan kata Allah SWT. Disini kita akan membahas tentang penciptaan MANUSIA.

Asal-usul manusia

Asal mula manusia menurut sumber yang otentik. 99% dari pakar sejarah dan kitab suci agama menyatakan bahwa manusia pertama kali adalah Adam. Adam diciptakan dari tanah liat. Dibentuk dengan wujud yang sedemikian rupa dan ditiupkan ruh oleh Allah. Seperti yang dikatakan dalam kalam Allah yaitu Al-Quran ayat 59 surah Al-Imron:
إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِنْدَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ
Sesungguhnya penciptaan Isa di sisi Allah sama seperti penciptaan Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: "Jadilah" (seorang manusia), maka jadilah dia.

Adapun sumber dari agama yang berbeda yang menyatakan bahwa Adam adalah manusia pertama bisa anda lihat di Iman katolik adam dan hawa manusia pertama.

Sifat-sifat manusia

Kehidupan bersosial mengajak untuk melakukan interaksi antar manusia.Saat itulah terlihat jelas sifat manusia. Contoh: Marah, sombong, pemalu, kikir, dan sebagainya. Adapun penggolongan watak manusia menurut ahli:
  1. Sanguinis - orang yang ingin dirinya selalu populer dilingkungannya. Penuh semangat dan mudah bergaul.
  2. Melankolis - orang yang kehidupannya penuh dengan pemikiran.
  3. Korelis - orang yang suka dengan tantangan dan cenderung suka memimpin.
  4. Phlegmatis - orang yang cinta damai dan tidak suka berbuat apa-apa.

Tubuh manusia

Tubuh manusia disebut juga seluruh organ yang ada pada manusia. Seperti: kepala, leher, batang badan, tangan, kaki, dan sebagainya. Di bagian dalam ada jantung, hati, kerongkongan, dan organ lainnya. Masing-masing organ memiliki fungsi masing-masing. Tentunya kita sudah tahu kan. Jika belum tahu, bisa anda baca di wikipedia tubuh manusia.

Manusia diciptakan dari tanah liat

Tanpa kita sadari, Sebenarnya manusia terbuat dari tanah. Dan yang menciptakan adalah Allah. hal ini terbukti di dalam Al-Quran ayat 12 surah Al-mu'minun.
وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَنَ مِنْ سُلَلَةٍ مِّنْ طِيْنٍ
yang artinya: Dan sesungguhnya Allah menciptakan manusia dari saripati berasal dari tanah liat.

Yang menjadi pertanyaan, Mengapa manusia diciptakan dari tanah? kok tidak dari berbagai elemen? Misalnya manusia diciptakan dari tanah, api, dan air. Karena manusia memiliki sifat yang lembut dan pemarah. Pernahkah anda berpikir bahwa manusia diciptakan dari tumbuhan? atau bahkan dari batu? mari kita diskusikan bersama hanya di diskuser.com!

2 komentar

terima kasih infonya:)