Cara meningkatkan penjualan online tanpa mengeluarkan uang

Banyak pendapat mengatakan bahwa cara meningkatkan penjualan online membutuhkan biaya besar. Seperti menyewa jasa seo, promosi di facebook, membeli follower twitter, dan sebagainya. Pertanyaannya, apakah semua pembisnis memiliki banyak uang dan apakah betul untuk melalui jalur promosi wajib mengeluarkan uang dan adakah yang gratis? Tentu saja ada. Dan hal itu sudah saya rasakan sejak tahun lalu.

Sebagian dari pengusaha tidak mengenyam sekolah, bahkan jarang belajar dan membaca. Mereka hanya memiliki banyak modal. Kebanyakan diberi orang tua. Saya selalu ingat perkataan teman saya, ia bernama mu chang. Keturunan Cina kaya raya. Saya menyebutnya dengan kacang. Ia pernah berkata "Aku sudah disiapkan modal sejak lahir oleh ayahku. Dan berlaku juga untuk semua orang Cina. Rencananya uang terbut akan aku pakai untuk bisnis online".

Saat itulah saya mulai berpikir. Bagaimana dengan nasib saya. Saya orang madura. Orang tua saya tidak mampu bahkan tidak mungkin memberikan saya modal. Akhirnya saya belajar dengan giat. Sekolah sampai ke perguruan tinggi. Mencari celah supaya dapat mencari uang tanpa modal. Artinya bekerja layaknya orang tuaku, tetapi gaji harus melebihi teman kacangku itu.

Saya bekerja siang malam, tak kenal yang namanya lelah. Pengeluaran seirit mungkin, tetapi karena saya sudah beristri, gaji saya hanya cukup buat makan. Ternyata bekerja itu tidak sama dengan berbisnis. Kalau berbisnis mungkin masih bisa menyimpan. Akhirnya saya coba pinjam uang ke bank. Uangnya saya buat menyewa tanah untuk ditanami tebu. Sisanya saya gunakan untuk membeli laptop dan semua aksesorisnya. Selain bekerja di siang hari, malamnya saya memulai bisnis online.

Nah, berbicara bisnis online yang saya geluti. Saya mulai bingung bagaimana caranya meningkatkan penjualan? sebab saya tidak memiliki banyak modal. Mau pinjam ke bank lagi, takutnya banyak utang. Saya mulai banyak merenung. Dan alhamdulillah mendapatkan ide yang cemerlang.

Baca selengkapnya >> cara meningkatkan penjualan online.

6 komentar

memang sangat keren gan ini

Memang susah kalau kurang modal :)

Nah ini dia tips tentang cara meningkatkan penjualan online yang lagi saya cari selama ini.. terimakasih sudah berbagi info yang bermanfaat ini ya mas

Saya lanjutkan membaca ke halaman berikutnya gan...

semangat yang sangat menginspirasi pembaca seperti saya, terima kasih

modal sih perlu akantetapi lebih bagus lagi yang geratis,, tapi caranya tidak tahu :D